Setting Sound Drum Yamaha DTX 6 Yang Asik

Halo, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau sharing mengenai setting sound drum Yamaha DTX 6 yang asik.

Setting Sound Drum Yamaha DTX 6 Yang Asik

Karena banyak yang nanya di YouTube channel saya, sound drum saya yang mereka anggap enak, ya udah, saya mau share ke kalian.

 

Cara Setting Sound Drum Yamaha DTX6

Tapi sebelumnya saya mau sharing mengenai gimana sih cara setting sound drum Yamaha DTX 6 itu? Ini tentunya buat kalian-kalian yang punya modul DTX Pro atau yang sudah membeli drum Yamaha DTX 6. Karena kan kalau kalian membeli drum Yamaha DTX 6 itu akan mendapatkan modul Yamaha DTX Pro.

Pastinya kalian akan mendapatkan buku manualnya, yang kalau ngga salah udah ada terjemahan bahasa Indonesianya, dan kalau buku manual itu hilang, ya udah kelar! Karena di websitenya, saya ngga menemukan buku manual Yamaha yang sudah ada bahasa Indonesianya.

Adanya yang berbahasa Inggris yang bisa kalian download di websitenya Yamaha. Kalian bisa klik di situ dan bisa mendownload buku manualnya di situ, tapi dengan catatan bahwa buku manual yang akan kalian download itu berbahasa Inggris.

Jadi, kalian harus wajib dan kudu bisa bahasa Inggris untuk bisa memahaminya. Atau kalau kalian jago bahasa Jepang, kalian bisa mencari buku manual yang dibuat di dalam bahasa aslinya yaitu bahasa Jepang, karena drum Yamaha kan emang drum yang perusahaannya berasal dari Jepang, jadi kalau pake buku manual dalam bahasa Jepang malah lebih tepat lagi karena mereka pastinya awalnya membuat manualnya di dalam bahasa pertama mereka yaitu bahasa Jepang.

Baru kemudian dibaca dan ikuti aja petunjuknya berdasarkan apa yang kalian cari karena pastinya namanya buku manual itu ada semua apa yang kalian ingin ketahui mengenai drum Yamaha DTX 6 kalian itu. Ya, karena memang itulah fungsi dari buku manual Yamaha, kan?


Sound Drum Saya Asik

Banyak yang bilang kalau sound drum saya asik. Saya embedkan salah satu video di mana kalian bisa mendengar sound drum saya ya.

Ditonton di menit 1:20 untuk langsung ke saya bermain drum dan bisa kalian simak juga gimana sound drum saya itu.

Mari kita baca komen-komen dari teman-teman kita yang menganggap kalau sound drum saya itu asik. Kita lihat komenan yang berikut ini.

Komen 1

Teman kita yang ini suka sama sound snare drum yang saya pilih dari modul drum Yamaha DTX 6 ini. Lalu ada lagi komen yang berikut ini.

Komen 2

Teman kita yang satu ini suka sama sound drum saya secara keseluruhan dan kebetulan dia juga pake modul DTX Pro juga yang berarti dia pake drum Yamaha DTX 6.

Lalu ada komen teman kita yang berikut ini.

Komen 3

Teman kita yang ini juga memuji sound drum saya, yang menurut dia enak, dan dia pingin minta preset soundnya.

Dan mari kita lihat lagi komen dari teman kita yang berikut ini.

Komen 5

Dia bilang, "Sound dari module tapi suaranya enak di headset saya." Jadi, teman kita yang ini juga mengakui kalau sound drum saya juga enak.

Dan kita lihat satu lagi komenan deh biar ngga terlalu banyak saya sertakan di sini karena nanti kalau terlalu banyak komenan yang saya screenshotkan di sini, kalian nanti cuma bacain komen-komen doang lagi ya?

Komen 6

Lalu ada yang spesifik sekali pingin sound stack drum saya yang saya ambil dari modul drum DTX Pro. Saya gunakan sound stack ini saat saya iseng membuat cover drum Noah yang cuma beberapa detik ini.

Silakan ditonton videonya di bawah ini.

Nah, sound stack yang ces-ces-ces-ces itu yang saya maksudkan di sini. Sound stack ini juga bisa kalian dapatkan di modul DTX Pro ini. 

Ada teman kita yang bertanya spesifik mengenai sound ini. Mari kita lihat pada screenshot di bawah ini.

Komen 7

Dia bertanya nama sound cymbalnya apa? Ya udah sekarang saya mau bahas mengenai sound saya yang saya utak-atik dari modul DTX Pro ini ya.


Sound Saya Hasil Utak-Atik Dan Belajar

Saya bisa mendapatkan hasil sound yang menurut banyak dari teman kita itu enak karena saya membaca buku manualnya, lalu saya juga pernah belajar audio di Lembaga Pendidikan David Klein (LPDK), saya belajar di situ selama 1 tahun dan bayar dengan uang yang cukup mahal.

Lalu saya juga belajar bahasa Inggris udah lama banget, sampai akhirnya saya bisa menerjemahkan video-video berbahasa Inggris dan juga bisa membaca buku manual Yamaha DTX berbahasa Inggris dengan mudah. Mudah? Itu karena saya sudah melalui belasan tahun belajar, jadi ngga hanya belajar seminggu langsung bisa.

Lalu, kalau kalian ingin sound drum yang saya punyai ini, nanti sound drum saya jadi pasaran dong? Sementara saya mencarinya dan mengusahakan untuk bisa mendapatkan sound drum yang enak ini juga usaha dulu, belajar audio dulu di LPDK selama setahun, tanya sana tanya sini, keluar uang banyak, belajar bahasa Inggris untuk bisa mengerti buku manual Yamaha berbahasa Inggris.

Terus harus saya berikan dengan gratis gitu ke kalian? Jujur aja saya NGGA RELA karena sound drum yang bagus itu saya bisa hasilkan setelah jungkir balik usaha cukup lama, coba sana, coba sini, tanya sana, tanya sini belum terhitung yang saya dicuekin sama orang yang ngga mau ngasih tau juga dan akhirnya saya harus bayar untuk saya bisa tahu.

Dan saya juga ngga rela kalau kalian sound drum saya jadi pasaran dan banyak yang pake dan soundnya mirip kaya sound drum saya karena saya memberikannya secara gratisan.

Sound-sound para musisi handal aja makanya dibuatin preset yang untuk kalian bisa dapatkan sound persis seperti mereka ini kalian harus bayar. Kenapa? Karena mereka bisa dapatin sound yang seperti itu, bukan hasil semalam begadang! Itu hasil belasan tahun mereka bermusik dan belasan bahkan puluhan tahun pengalaman mereka sampai akhirnya mereka bisa mendapatkan sound yang menurut kalian enak seperti itu.

Jadi, kalau kalian mau mendapatkan sound drum yang seperti saya itu, BISA! Tapi saya ngga mau memberikannya secara gratisan. Kalau kalian mau secara gratisan, saya kasih tahu caranya aja. Buka buku manual Yamaha kalian, terus baca sampai abis. Kalau kalian masih punya buku manual yang berbahasa Indonesia bagus, baca dari situ aja, tapi kalau buku manual bahasa Indonesia kalian udah hilang, berarti kalian download aja buku manual bahasa Inggris yang sudah saya berikan linknya di atas.

Lalu kalian banyak-banyak googling aja dan biasanya banyak yang ngebahas soal ini di forum-forum drum luar negeri yang berbahasa Inggris. Jadi, kalian harus juga bisa bahasa Inggris. Ngga susah kan untuk bisa bahasa Inggris di jaman sekarang ini? Kalau menurut saya sih tetap susah, tapi kalau menurut kalian gampang, ya silakan dikerjain aja ya.


Ini Sound Drum Saya

Buat kalian yang tetap ingin mendapatkan sound drum yang seperti saya, saya tegaskan sekali lagi. Saya ngga ngasih secara gratisan, ini berbayar karena saya juga sudah jelaskan di atas, proses saya bisa mendapatkan sound drum yang seperti ini buat saya ngga gampang.

Ngga dalam semalam saya bisa mendapatkan sound drum yang enak seperti itu. Itulah mengapa kalau kalian memang mau, ya kalian harus bayar. Dan kalau kalian sudah siap untuk membayarnya, kalian bisa KLIK DI SINI.

Di link itu, kalian bayar, lalu kalian log in dan di dalamnya nanti saya bagikan detail sound drum saya sehingga kalian bisa mendapatkan sound drum saya yang enak itu.

Dan juga saya sertakan no WA saya di sana, agar kalian kalau nanti bingung, bisa menghubungi saya via WA itu dan bisa bertanya langsung ke saya mengenai sound drumnya kalau memang ada masalah saat kalian ingin setting sound drum kalian di modul DTX Pro kalian itu.

Komentar