Apakah Drum Elektrik Bisa Dipakai Untuk Rental Studio Musik?

Halo semuanya, ketemu lagi sama saya, Iman Prabawa. Kali ini saya mau menjawab pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya melalui salah satu video YouTube saya. Mari kita lihat pertanyaan teman kita tersebut pada gambar di bawah ini.

Apakah Drum Elektrik Bisa Dipakai Untuk Rental Studio Musik?

Sebelum saya jawab pertanyaan dari teman kita ini, kalian bisa support saya dengan SUBSCRIBE di YouTube channel saya, Belajar Drum Iman, dengan KLIK DI SINI

Dan buat kalian yang ingin mengikuti pelajaran drum dari saya, kalian bisa KLIK DI SINI. Di situ kalian akan menemukan seri Belajar Drum Pemula saya dan juga video-video pelajaran drum dari para drummer handal yang sudah saya berikan subtitle bahasa Indonesia dan bisa kalian dapatkan di sana.

Atau kalian juga bisa follow saya di Trakteer dan mensupport saya di sana untuk mendapatkan postingan saya yang tidak saya posting di YouTube saya ataupun di blog saya. Kalian bisa KLIK DI SINI untuk memfollow saya ataupun mensupport saya di Trakteer. 

Kalau begitu yuk mari kita jawab pertanyaan dari teman kita itu.

 

Drum Elektrik Untuk Rental Studio Musik

Apakah bisa sih drum elektrik digunakan untuk rental studio musik? Sepertinya yang bertanya seperti ini, mungkin sedang berpikir untuk menggunakan drum elektrik di studionya atau mungkin juga berpikir untuk membuka studio musik rental yang menggunakan drum elektrik.

Jawaban untuk hal ini apakah drum elektrik bisa digunakna untuk rental studio musik? Jawabannya ada BISA. Terus kemudian dia bertanya, "Apa resikonya?" Sebenarnya yang perlu diperhatikan adalah kalau menggunakan drum elektrik untuk studio rental, kita mesti memperhatikan routingnya ke mana, karena perbedaan antara drum akustik dengan drum elektrik itu, kalau untuk peruntukan di studio band seperti itu berarti harus menggunakan speaker dan ngga bisa kalau hanya menggunakan earphone atau headphone seperti yang saya lakukan di rumah saya.

Saya di rumah dengan drum elektrik Yamaha DTX 6 saya, saya tidak menggunakan speaker, tapi saya menggunakan earphone karena saya tidak ngeband dengan siapa pun dan tidak ada orang lain selain saya yang butuh mendengar suara drum elektrik saya tersebut.

Itulah mengapa saya menggunakan earphone karena hanya saya sendiri sajalah yang butuh mendengar suara drum elektrik saya. Kalau saya misalnya ngeband maka gitaris atau basis saya kan butuh mendengar suara drum elektrik saya kan?

Sementara drum elektrik itu kalau dipukul gitu aja kan suara beda dengan drum akustik. Bunyi drum elektrik kalau tidak menggunakan speaker maka suara yang kita dengar hanya persis suara seperti kalau kita memukul drum pad. Dan suara seperti itu kalau dipake ngeband kan aneh ya? Gitaris sama basis sama keyboardistnya nanti akan bingung karena suaranya cuma tuk tuk tuk tuk doang.

Terus gimana dong kalau gitu?


Drum Elektrik Untuk Band Perlu Untuk Menggunakan Speaker

Nah, solusinya kalau memang drum elektrik ingin digunakan buat ngeband, maka solusinya harus menggunakan speaker sehingga suara drum elektrik yang dipukul itu suaranya ngga tuk tuk tuk tuk doang kaya suara ketika kita memukul drum pad.

Lalu speaker yang bagus untuk studio rental itu speaker apa? Mereknya apa? Atau gimana? Untuk pembahasan seperti ini agak ribet ya, banyak soalnya pilihan speakernya, dari mulai yang harga murah sampai speaker yang harganya mahal banget bisa digunakan, tinggal kemudian kalian dananya ada berapa aja?

Kalau dananya ngga terbatas sih memang jauh lebih enak karena pilihan kalian jadi lebih bisa luwes memilih karena tidak terbatas sama dana tapi kalau dananya memang terbatas dan untuk bisnis misalnya untuk buka studio rental maka ini harus dipertimbangkan.

Misalnya mempertimbangkan berapa dana yang bisa dikeluarkan agar bisnis studio musiknya bisa tetap untung ngga tekor karena kalau namanya bisnis kita harus memperhitungkan modalnya berapa dan kita bisa dapat untung berapa.

Dulu saya pernah punya studio musik dan punya pengalaman untuk masalah studio musik ini. Kalau kalian ingin lebih detail mengenai hal ini kalian bisa KLIK DI SINI untuk membaca tulisan saya seputar drum elektrik. Di situ saya juga mencantumkan no WA saya, jadi kalau kalian memang masih ada yang bingung dan ingin ditanyakan langsung sama saya, bisa ngobrol dengan saya melalui WA di situ.

Akan panjang sekali kalau saya jelaskan di sini, dan tentunya kebutuhan tiap orang juga berbeda-beda. Nanti sudah saya jelaskan dengan panjang lebar di sini, apalagi ditambah dengan kebiasaan orang Indonesia yang ngga suka membaca, nanti tulisan saya juga jadinya mubazir, dan juga tulisan saya tidak akan bisa mengakomodir kebutuhan tiap orang yang berbeda-beda.

Jadi, ya udah, ikuti apa yang saya sharingkan di Trakteer aja ya kalau kalian memang serius dengan pertanyaan kalian dan ingin mendapatkan jawaban atas pertanyaan kalian tersebut.

Kalau begitu saya rasa sekian dulu sharing dari saya mengenai jawaban dari pertanyaan dari teman kita yang bertanya mengenai apakah drum elektrik bisa digunakan di studio rental dan apa saja sih masalahnya kalau digunakan di studio untuk rental tersebut.

Terima kasih sudah membaca tulisan saya dan sampai ketemu lagi di sharing saya yang selanjutnya di blog tentang drum ini. Salam drummer!



Komentar